Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir
Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir

Banjir merupakan salah satu peristiwa bencana yang sering terjadi sekarang. Banjir ini sebagai peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Banjir juga dapat terjadi di sungai, ketika aliran air di sungai tersebut melebihi kapasitas dari saluran air yang ada. Akibat dari banjir ini misalnya rusaknya pemukiman warga, jalan, dan gedung yang dibangun di dataran banjir sungai alami. Kerusakan akibat banjir ini dapat dihindari dengan beberapa cara, misalnya dengan pindah atau menjauh dari sungai dan badan air yang lain. Jika banjir terjadi pada suatu daerah biasanya akan menelan banyak kerugian materi yang terkena banjir.


Penyebab banjir disebabkan oleh beberapa hal, bisa dari faktor manusia maupun alam. Beberapa penyebab banjir yang disebabkan faktor manusia adalah penebangan hutan secara liar, pembuangan sampah secara sembarangan, pemukiman di bantaran sungai, kesalahan sistem tata ruang. Penebangan hutan secara liar dapat membuat hutan menjadi gundul. Inilah yang dapatĀ  menjadi penyebab banjir. Akar pohon memiliki fungsi untuk menyerap air sudah ditebang oleh manusia. Oleh sebab itu, jika banyak pohon yang hilang maka akan dengan mudah terjadi bencana banjir. Selain itu, pembuangan sampah sembarangan menjadi salah satu penyebab banjir yang berasal dari faktor manusia.


Sampah yang dibuang secara sembarang, misal di sungai atau aliran air lainnya dapat menyumbat aliran air tersebut sehingga dapat meluap dan menyebabkan terjadinya banjir. Selain itu, pemukiman warga yang didirikan di bantaran sungai juga dapat mengakibatkan sungai tersebut menjadi adanya pendangkalan sungai. Pendangkalan ini terjadi di sungai tersebut karena kebiasaan warga yang suka membuang sampah ke sungai serta keadaan tanah di kiri dan kanan bangunan tersebut dapat saja amblas. Hal tersebut dapat menghambat aliran sungai dan mempersempit lebar sungai dari sebelumnya. Inilah yang dapat menyebabkan rawan banjir.

 

Baca Juga :

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar